Keanggunan Klasik Eksplorasi Elegansi Marmer Arabescato

Mengenal Marmer Arabescato

Arabescato Marmer adalah jenis batu alam yang mewah dan cukup terkenal. Keunikan marmer ini terletal pada tampilannya, yang menciptakan kesan elegan. Pattern Arabescato ditandai dengan latar belakang warna putih yang bersih dengan urat abu-abu yang mencolok hingga hitam, sering membentuk pola yang menarik dan alami.

 

Marmer ini masih termasuk dalam keluarga Carrara, yang berasal dari Italia, lebih spesifik dari wilayah Tuscany. Penambangannya dilakukan di pegunungan Apuan Alps, yang telah longgar terkenal sebagai lokasi penambangan marmer terbaik di dunia semenjak zaman Romawi Kuno.

 

Keunggulan dari marmer Arabescato adalah kecantikan alaminya yang mempunyai ciri khas dan nilai estetika tinggi. Batu ini biasanya diaplikasikan pada lantai, dinding, tangga, countertops, dan area lain yang ingin menonjolkan kemewahan. Selain untuk aplikasi interior, marmer ini juga sering digunakan dalam pembuatan patung dan elemen arsitektural lainnya.

 

Adapun, marmer Arabescato memiliki tingkat penyerapan air yang rendah, itulah mengapa ia dianggap ideal untuk ruangan dengan kondisi lembab seperti kamar mandi. Namun, harus diperhatikan bahwa marmer umumnya membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan bahan lain seperti granit atau keramik karena kecenderungan marmer untuk tergores atau terkena noda jika tidak dijaga dengan baik.

 

Untuk merawatnya, wajib rutin dibersihkan dengan bahan yang tidak abrasif dan disarankan untuk menghindari penggunaan asam sitrat atau cuka yang bisa merusak permukaan marmer. Sebaiknya, jika terdapat tumpahan pada marmer, bersihkan segera untuk mencegah noda.

 

Marmer Arabescato sampai sekarang tetap merupakan pilihan populer di kalangan desainer interior, arsitek, dan peminat batu alam. Meski harganya cukup tinggi, keindahan dan kesan mewah yang ditawarkan membuatnya selalu dicari untuk berbagai proyek high-end.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Marmer Arabescato?

Marmer Arabescato adalah sejenis batu alam yang berasal dari Italia, sering dipuji karena pola dan warna yang khas dan menarik. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Marmer Arabescato:

 

**Kelebihan:**

 

  1. **Estetika Mewah:** Marmer Arabescato terkenal dengan pola vena abu-abu dan hitamnya yang kontras terhadap latar putihnya yang bersih, memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan.

 

  1. **Unik:** Tiap lembaran Marmer Arabescato unik. Vena yang berbeda-beda menjadikan setiap instalasi tidak sama dan eksklusif.

 

  1. **Nilai Tambah Properti:** Karena dianggap material mewah, marmer jenis ini dapat menaikkan nilai estetika dan finansial dari properti.

 

  1. **Kedap Panas:** Marmer ini memiliki kemampuan menyerap panas, yang membuatnya tetap sejuk di bawah kaki dan nyaman dalam iklim hangat.

 

  1. **Durabilitas:** Sebagai batu alam, Marmer Arabescato cukup tahan lama jika dipelihara dengan baik.

 

**Kekurangan:**

 

  1. **Pemeliharaan:** Membutuhkan perawatan yang cermat, termasuk penyegelan berkala untuk mencegah penyerapan noda dan kerusakan akibat zat asam.

 

  1. **Ketahanan Noda:** Marmer dapat mengalami perubahan warna atau noda jika terkena bahan kimia atau cairan yang berwarna karena porositasnya.

 

  1. **Harga:** Dibandingkan dengan bahan lain, Marmer Arabescato cenderung lebih mahal baik dari segi bahan dan instalasi, karena harus ditangani oleh profesional.

 

  1. **Kepekaan Terhadap Goresan:** Permukaan marmer dapat goresan dengan mudah, jadi harus berhati-hati saat memasang objek tajam.

 

  1. **Berat:** Berat marmer dapat menjadi tantangan selama proses pemasangan dan dapat memerlukan dukungan struktural tambahan tergantung pada lokasinya.

 

  1. **Konsistensi:** Bagi yang mencari penampilan yang seragam, varian pada lembaran dapat menjadi masalah, karena setiap lembaran memiliki pola yang berbeda.

 

Marmer Arabescato adalah pilihan populer untuk lantai, meja dapur, kamar mandi, dan permukaan lainnya di rumah dan bangunan komersial. Sebelum memilih Marmer Arabescato, pastikan pertimbangkan gaya hidup, budget, dan keinginan estetika anda.

Warna Marmer Arabescato

Warna marmer Arabescato terkenal dengan keindahan alami dan pola dramatis yang mencolok. Warna dasarnya adalah putih, namun yang menjadikan marmer ini unik adalah urat-uratnya yang tebal dengan warna abu-abu hingga hitam. Pola ini dapat bervariasi dari lembut dan halus hingga kontras yang tegas, sehingga setiap potongan marmer Arabescato unik.

Marmer Arabescato2

Karakteristik ini menjadikan marmer Arabescato pilihan populer untuk lantai mewah, countertop, backsplashes, dan fitur aksen lainnya dalam desain interior. Namun, seperti semua marmer, Arabescato memerlukan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahannya, seperti menghindari produk pembersih yang keras dan menyegel permukaannya secara rutin untuk mencegah noda atau kerusakan.

Perawatan Marmer Arabescato

Merawat Marmer Arabescato melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan keindahannya bertahan lama:

 

  1. **Pembersihan Rutin:**

– Gunakan kain lembut atau spons serta pembersih khusus marmer untuk membersihkan marmer secara rutin.

– Hindari pembersih yang mengandung asam, seperti cuka atau lemon, karena bisa mengikis permukaan marmer.

 

  1. **Penghindaran Bahan Kimia:**

– Bahan kimia korosif dan pembersih berbasis asam harus dihindari karena dapat menggores atau menodai marmer.

– Gunakan sabun ringan atau pembersih dengan pH netral.

 

  1. **Penanganan Tumpahan:**

– Bersihkan tumpahan secepat mungkin, terutama cairan berwarna atau berbahan asam, untuk mencegah noda menetap.

– Lap dengan gerakan menepuk, jangan menggosok, untuk menghindari menyebar dan menyerap ke dalam marmer.

 

  1. **Pelindung/Penyegel:**

– Gunakan penyegel untuk marmer setiap beberapa tahun sekali (tergantung lalu lintas dan penggunaan) untuk melindungi dari noda.

– Penyegel akan membentuk lapisan perlindungan yang mencegah pori-pori marmer menyerap bahan yang dapat menodai.

 

  1. **Menghindari Kerusakan Fisik:**

– Cegah goresan dengan menggunakan alas untuk peralatan dapur, pot, dan objek lain yang mungkin menggores marmer.

– Gunakan mat atau karpet di area lalu lintas tinggi.

 

  1. **Pemeliharaan Regular:**

– Konsultasikan dengan profesional untuk pemeliharaan dan servis yang berkala.

– Perbaikan goresan kecil dan pengisian kembali urat yang mungkin telah kehilangan filler dapat membantu mempertahankan tampilan baru marmer.

 

Dengan perawatan yang tepat, marmer Arabescato Anda akan terlihat mewah dan elegan selama bertahun-tahun.

Pemasangan Marmer Arabescato

Pemasangan marmer Arabescato, sebuah jenis batu marmer yang berasal dari Italia dan dikenal dengan pola uratnya yang dramatis dan unik, membutuhkan perhatian khusus agar hasilnya estetik dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan saat pemasangan:

 

  1. **Perencanaan & Pengukuran:**

Pastikan area yang akan dipasang sudah diukur dengan akurat. Hal ini penting untuk menentukan jumlah marmer yang dibutuhkan.

 

  1. **Pemeriksaan Material:**

Periksa setiap lempengan marmer sebelum dipasang, karena marmer adalah batu alam dan setiap potongan kemungkinan memiliki perbedaan corak.

 

  1. **Persiapan Area:**

Area pemasangan harus bersih dan rata. Jika dipasang pada lantai, pastikan tidak ada yang bergoyang atau rusak yang bisa mengganggu proses pemasangan.

 

  1. **Dasar Pemasangan:**

Gunakan lapisan dasar yang sesuai, seperti mortar atau thinset yang direkomendasikan untuk marmer.

 

  1. **Bahan Perekat:**

Gunakan perekat khusus untuk batu marmer yang bisa memberi waktu kerja yang cukup dan meminimalkan risiko noda.

 

  1. **Pemasangan:**

Letakkan marmer dengan hati-hati pada perekat dan pastikan setiap potongan sejajar dan rata dengan yang lain. Gunakan leveler untuk memeriksa keflatannya.

 

  1. **Pengisian Nat:**

Setelah pemasangan, isi nat menggunakan produk pengisi nat yang cocok untuk marmer, biasanya sesuatu yang tidak akan mengubah warna atau merusak permukaan marmer.

 

  1. **Penggantian Udara:**

Pastikan ruangan memiliki ventilasi baik selama pemasangan dan pengeringan karena beberapa bahan kimia dari perekat dan pengisi nat mungkin berbau kuat.

 

  1. **Pemolesan:**

Setelah pemasangan dan pengeringan lengkap, poles marmer untuk memberikan kilau dan perlindungan tambahan.

 

  1. **Perawatan Lanjutan:**

Gunakan pembersih yang dirancang khusus untuk marmer, dan hindari pembersih yang asam yang dapat merusak permukaannya.

 

Ingat bahwa marmer Arabescato merupakan material premium sehingga pemasangannya lebih baik dialokasikan kepada tenaga profesional yang memiliki pengalaman dengan jenis bahan ini. Keterampilan profesional sangat penting untuk memaksimalkan estetika dan memastikan bahwa marmer terpasang dengan cara yang mengurangi risiko retak atau kerusakan lainnya. Seiring waktu, marmer mungkin memerlukan perawatan tambahan seperti pengisian ulang nat atau pemolesan untuk menjaga tampilannya tetap menarik.

Harga Marmer Arabescato

Harga marmer Arabescato bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas batu, asal negara, ketebalan slab, dan ukuran yang diinginkan. Secara umum, marmer Arabescato dianggap sebagai salah satu jenis marmer premium dengan karakteristik veining abu-abu dan putih yang khas, yang membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk lantai, dinding, dan meja dapur.

 

Untuk memberikan estimasi harga, marmer Arabescato biasanya berada di kisaran harga menengah hingga tinggi ketika dibandingkan dengan jenis-jenis marmer lainnya. Harga bisa mulai dari ratusan hingga ribuan dolar Amerika Serikat per meter persegi, atau setara dalam mata uang lokal. Di Indonesia, harga marmer impor seperti Arabescato dapat bervariasi luas berdasarkan distributor dan lokasi.

 

Sangat penting untuk menghubungi penjual atau distributor lokal untuk mendapatkan informasi harga yang paling akurat berdasarkan spesifikasi produk yang Anda butuhkan, seperti ukuran, finish (poles, honed, dsb.), dan jumlah yang dipesan. Beberapa faktor lain yang mungkin mempengaruhi harga termasuk biaya pengiriman, pemasangan, dan penyelesaian akhir.

Jual Marmer Arabescato

Untuk menemukan penjual marmer Arabescato di area Anda, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

 

  1. **Cari Online**: Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari penjual atau distributor marmer Arabescato. Anda bisa mengetikkan kata kunci seperti “jual marmer Arabescato [nama kota Anda]” untuk menemukan penjual lokal.

 

  1. **Marketplace**: Situs e-commerce dan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau Alibaba menawarkan berbagai jenis marmer, termasuk Arabescato. Anda bisa membandingkan harga dan ulasan penjual sebelum membuat keputusan.

 

  1. **Direktori Bisnis**: Situs web direktori bisnis atau halaman kuning lokal juga bisa jadi sumber yang baik untuk menemukan distributor batu alam dan marmer.

 

  1. **Pameran Batu Alam**: Mengunjungi pameran batu alam atau home improvement bisa memberikan kesempatan untuk melihat produk secara langsung dan berinteraksi dengan penjual.

 

  1. **Tanya Profesional**: Arsitek, desainer interior, atau kontraktor biasanya memiliki informasi tentang di mana membeli bahan-bahan berkualitas, termasuk marmer Arabescato.

 

  1. **Media Sosial**: Carilah penjual atau grup jual beli khusus marmer di media sosial. Mereka sering memposting stock dan harga terbaru.

 

Perlu diingat bahwa saat meninjau penawaran harga dari penjual, Anda juga harus mempertimbangkan biaya lain seperti pengiriman, pemasangan, serta perawatan marmer tersebut. Pastikan untuk meminta sampel dan verifikasi kualitas marmer sebelum melakukan pembelian. Marmer Arabescato yang asli biasanya memiliki pola veining yang unik dan sering dihargai berdasarkan keindahan dan keunikan dari pola tersebut.

Baca Juga: Pesona Marmer Bianco Pirgon Dalam Dunia Desain Interior

Check Also

daerah penghasil marmer

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah, Batu marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari …