Pesona Marmer Bianco Pirgon dalam Dunia Desain Interior

Mengenal Marmer Bianco Pirgon

Marmer Bianco Pirgon adalah salah satu jenis marmer alami yang berasal dari Yunani. Kecantikannya ditandai dengan latar belakang yang putih bersih dengan urat halus berwarna abu-abu hingga abu-abu muda. Nama “Bianco Pirgon” berasal dari kata Italia “Bianco” yang berarti putih, dan “Pirgon” kemungkinan merujuk pada area penambangan atau karakteristik dari marmer tersebut.

 

Marmer jenis ini dikenal karena keindahan dan kemurniannya yang tinggi, serta kepadatan dan kekuatannya yang membuatnya ideal untuk berbagai aplikasi, termasuk lantai, dinding, countertops, dan elemen dekoratif lainnya. Estetikanya yang elegan dan serbaguna membuat marmer Bianco Pirgon banyak digemari dalam desain interior, baik dalam setting klasik maupun modern.

 

Marmer Yunani ini ditambang di area yang sama dimana berbagai jenis marmer berkualitas tinggi lainnya juga ditambang, yang menambah keberagaman opsi bagi perancang dan arsitek. Marmer ini juga dikenal dengan daya tahan dan kemampuannya untuk mempertahankan kilau dan penampilan aslinya dengan perawatan yang tepat, menjaga estetika yang mewah dan mengesankan.

 

Perlu diingat bahwa, seperti semua marmer, Bianco Pirgon membutuhkan pemeliharaan khusus untuk menjaga kecantikannya. Ini termasuk penggunaan sealant yang tepat untuk melindungi terhadap noda atau kerusakan air dan menghindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau asam yang bisa merusak permukaan alami marmer.

 

Popularitas marmer Bianco Pirgon tidak hanya terbatas pada Yunani tetapi juga di seluruh dunia, dimana estetikanya yang klasik sangat dipuji dalam dunia desain interior.

Apa kelebihan dan kekurangan Marmer Bianco Pirgon?

**Kelebihan Marmer Bianco Pirgon:**

 

  1. **Estetika Mewah:** Marmer Bianco Pirgon dikenal dengan warnanya yang putih bersih dengan urat-urat yang menambah kesan elegan dan mewah pada setiap ruangan.

 

  1. **Unik:** Setiap lembaran marmer adalah satu-satunya di dunia, memberikan eksklusivitas dan keunikan pada desain.

 

  1. **Ketahanan Panas:** Sifatnya yang tahan panas membuat marmer ini cocok untuk aplikasi di dapur atau area yang sering terpapar suhu tinggi.

 

  1. **Pencahayaan Alami:** Marmer ini dapat memantulkan cahaya, sehingga meningkatkan pencahayaan alami ruangan dan membuat ruangan tampak lebih luas dan terang.

 

  1. **Nilai Tambah Properti:** Penggunaan marmer ini sering kali meningkatkan nilai estetika dan investasi dari sebuah properti.

 

**Kekurangan Marmer Bianco Pirgon:**

 

  1. **Porositas:** Seperti marmer pada umumnya, Bianco Pirgon bersifat poros dan dapat menyerap cairan, yang bisa menyebabkan noda jika tidak segera dibersihkan.

 

  1. **Perlu Perawatan Berkala:** Marmer ini memerlukan perawatan berkala untuk menjaga permukaannya tetap mengilap dan menghindari pembentukan noda.

 

  1. **Kerentanan Terhadap Asam:** Marmer Bianco Pirgon dapat bereaksi dengan asam (seperti cuka atau jus lemon), yang bisa merusak kilau permukaannya.

 

  1. **Harga:** Karena merupakan material alami yang menawan, marmer ini sering kali berharga lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.

 

  1. **Rawan Terhadap Goresan:** Permukaan marmer yang lunak cenderung lebih mudah tergores, sehingga mengharuskan pemiliknya berhati-hati dalam penggunaannya.

 

Sementara kekurangannya mungkin memerlukan pertimbangan lebih lanjut dalam proses pemeliharaan dan penggunaan sehari-hari, kelebihan Bianco Pirgon dengan keindahan alaminya tetap menjadikannya pilihan favorit bagi banyak desainer dan pemilik rumah yang mencari sentuhan kemewahan dan unsur desain yang standout.

Warna Marmer Bianco Pirgon

Warna Marmer Bianco Pirgon mengacu pada batu marmer dengan corak yang berasal dari Yunani. Bianco Pirgon dikenal dengan warna dasarnya yang putih cerah, serta urat-uratnya yang halus dan kadang tersusun rapi yang berwarna abu-abu hingga abu-abu terang. Keunikan ini membuatnya menjadi pilihan populer untuk proyek arsitektur dan desain interior yang menginginkan sentuhan kemewahan dan keanggunan.

marmer pirgon2

Marmer ini seringkali digunakan pada lantai, dinding, meja, dan area permukaan lainnya. Memiliki kilau alami yang tahan lama, Bianco Pirgon dapat menambahkan dimensi visual yang luas pada ruangan berkat reflektivitas cahayanya. Namun, seperti marmer pada umumnya, Bianco Pirgon membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahannya karena marmer adalah batu yang bisa tergores dan terkena noda. Jadi, pemilihan, pemasangan, dan perawatannya harus dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik material tersebut.

Perawatan Marmer Bianco Pirgon

Marmer Bianco Pirgon, seperti kebanyakan marmer, membutuhkan perhatian khusus untuk mempertahankan penampilan dan ketahanannya. Inilah beberapa langkah dasar yang bisa Anda lakukan untuk merawat marmer jenis ini:

 

**Pembersihan Rutin:**

– Bersihkan permukaan marmer secara teratur dengan kain halus atau spons yang tidak abrasif.

– Gunakan air hangat dan sedikit sabun cuci piring yang lembut atau pembersih khusus untuk marmer. Hindari penggunaan pembersih asam atau basa yang keras karena bisa merusak permukaan marmer.

– Keringkan permukaan marmer setelah dibersihkan untuk mencegah penyerapan air.

 

**Perlindungan Permukaan:**

– Gunakan sealant yang dirancang khusus untuk marmer. Sealant membantu melindungi dari noda dan kerusakan air karena menambah lapisan pelindung pada permukaan marmer. Pengaplikasian ulang sealant bisa dilakukan setiap 6 bulan atau sesuai petunjuk pabrik.

– Gunakan alas atau tatakan ketika meletakkan benda-benda yang bisa menimbulkan goresan atau noda, contohnya saat menaruh alat masak panas, wadah-wadah yang mengandung alkohol, atau wadah tinta.

 

**Mencegah Noda:**

– Bersihkan tumpahan secepat mungkin, terutama substansi yang mengandung asam seperti kopi, anggur, atau jus lemon yang bisa merusak permukaan marmer bila dibiarkan terlalu lama.

– Jangan gunakan bahan kimia pembersih dengan kandungan asam seperti cuka atau lemon.

 

**Polesan:**

– Pemolesan marmer dilakukan untuk memperbaharui kilau batu. Proses ini biasanya melibatkan profesional dan menggunakan mesin poles dan bahan kimia khusus.

– Pemolesan dapat menghilangkan goresan permukaan dan memulihkan kilau marmer.

 

**Perbaikan Kerusakan:**

– Goresan yang dalam bisa dihilangkan dengan pengamplasan halus oleh profesional.

– Retak atau keripik dapat diperbaiki dengan epoxy atau resin yang cocok dengan warna batu.

 

**Penanganan Khusus:**

– Jika marmer berada di lantai, perhatikan lalu lintas yang berjalan di atasnya. Menggunakan karpet atau alas di area yang sering dilewati dapat membantu melindungi marmer dari abrasi.

– Untuk countertop, hindari memotong langsung di atas marmer dan gunakan talenan.

 

Merawat marmer seperti Bianco Pirgon adalah tentang pencegahan, perlindungan, dan pemeliharaan yang konsisten. Dengan perhatian yang tepat, permukaan marmer Anda dapat bertahan lama dengan tampilan yang selalu mewah dan elegan.

Pemasangan Marmer Bianco Pirgon

Pemasangan marmer Bianco Pirgon, yang merupakan jenis marmer putih asal Yunani, melibatkan beberapa langkah penting agar hasil akhirnya terlihat mewah dan tahan lama. Berikut ringkasan langkah-langkahnya:

 

  1. **Persiapan Permukaan:**

– Pastikan bahwa permukaan yang akan dipasangi marmer bersih, rata, dan kering.

– Lantai harus dipastikan memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan berat marmer.

 

  1. **Pemeriksaan Marmer:**

– Periksa tiap lembaran marmer untuk kecacatan atau retak.

– Jika ada kecacatan, gunakan lembaran tersebut di area yang kurang terlihat atau potong bagian yang rusak.

 

  1. **Pengukuran dan Pemotongan:**

– Ukur area yang akan dilapisi marmer secara akurat.

– Gunakan pisau pemotong yang tepat untuk memotong marmer sesuai ukuran yang dibutuhkan.

 

  1. **Pemasangan Underlayment:**

– Pasang lapisan underlayment jika diperlukan untuk membantu meratakan permukaan dan menambah isolasi.

 

  1. **Penyiapan Adhesive:**

– Pilih adhesive (perekat) berkualitas yang khusus untuk marmer, seperti thin-set mortar atau epoxy.

– Campur adhesive sesuai instruksi pabrikan.

 

  1. **Aplikasi Adhesive:**

– Aplikasikan adhesive pada permukaan atau dibelakang lembaran marmer dengan menggunakan trowel bergerigi.

 

  1. **Pemasangan Marmer:**

– Mulai dari tengah ruangan, tekan marmer ke atas adhesive dengan lembut namun pastikan untuk menekannya dengan kuat.

– Pakai penggaris atau leveler untuk memastikan bahwa lembaran marmer terpasang rata dan sejajar.

 

  1. **Pengisian Nat:**

– Setelah adhesive mengering, isi nat antar lembaran marmer menggunakan grout yang disesuaikan dengan marmer.

– Aplikasikan grout dengan lembut, dan bersihkan kelebihan grout sebelum mengering.

 

  1. **Pengeringan dan Pemolesan:**

– Diamkan marmer yang telah dipasang selama waktu yang direkomendasikan agar adhesive sepenuhnya kering.

– Setelah itu, poleslah marmer agar mendapatkan kilau yang diinginkan.

 

  1. **Perawatan:**

– Marmer membutuhkan perawatan teratur dengan pembersih yang spesifik untuk marmer.

– Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak permukaan marmer.

 

Selama pemasangan, pastikan juga untuk selalu memperhatikan keselamatan kerja. Gunakan perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan, pelindung mata, dan sepatu keselamatan. Saran profesional adalah penting di sini, mempekerjakan tukang atau kontraktor yang berpengalaman dengan pemasangan marmer akan sangat membantu dalam mencapai hasil yang optimal.

Harga marmer Bianco Pirgon

Harga marmer Bianco Pirgon bisa bervariasi tergantung beberapa faktor seperti kualitas batu, ukuran, ketebalan, dan negara tempat Anda membelinya. Karena sifatnya yang mewah dan daya tahan yang tinggi, marmer jenis ini sering kali dihargai pada kisaran yang lebih tinggi di pasar.

 

Untuk mendapatkan harga yang tepat, Anda harus mengunjungi pengecer lokal atau bertanya langsung kepada importir marmer yang mungkin menawarkan harga berdasarkan pesanan langsung dari tambang atau secara grosir. Biasanya, penjual akan memberikan harga per meter persegi atau per kaki persegi, dan harga bisa juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti biaya pemasangan dan finishing permukaan.

 

Jika Anda memerlukan penawaran yang spesifik, menghubungi supplier marmer terdekat atau mencari di online marketplace yang bisa menyediakan opsi pembelian material ini akan memberikan Anda gambaran harga yang lebih terkini dan akurat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jual Marmer Bianco Pirgon

saya bisa menyarankan cara untuk menemukan tempat pembelian marmer Bianco Pirgon:

 

  1. **Toko Bahan Bangunan Lokal**: Kunjungi toko material atau toko bahan bangunan lokal di area Anda dan tanyakan apakah mereka memiliki atau dapat memesankan marmer Bianco Pirgon.

 

  1. **Distributor Marmer**: Cari distributor marmer khusus di kota Anda yang mungkin memiliki marmer impor, termasuk Bianco Pirgon.

 

  1. **Pasar Batu Alam**: Beberapa kota memiliki pasar batu alam dimana berbagai jenis marmer tersedia dan Anda bisa mendapat banyak pilihan.

 

  1. **Bursa dan Pameran Batu**: Acara seperti bursa dan pameran batu alam seringkali merupakan tempat yang baik untuk mencari berbagai jenis marmer, termasuk Bianco Pirgon.

 

  1. **Online Marketplace**: Platform seperti Alibaba atau eBay bisa menjadi pilihan untuk mencari penjual yang menawarkan marmer Bianco Pirgon. Anda juga bisa mencari di platform lokal di negara Anda seperti Tokopedia, OLX, atau situs e-commerce serupa.

 

  1. **Langsung dari Quarry**: Jika memungkinkan, mencari quarry yang menambang marmer Bianco Pirgon dan membeli langsung dari sumbernya bisa memberikan harga yang lebih baik, tetapi biasanya ini memerlukan pembelian dalam jumlah besar.

 

Pastikan ketika melakukan pembelian, Anda mendapatkan semua informasi mengenai asal marmer, kualitas, ketebalan, dan apakah sudah di-seal atau belum, yang semuanya akan mempengaruhi harganya. Selain itu, perhatikan faktor pengiriman dan pemasangan yang mungkin juga mempengaruhi biaya total.

Baca Juga: Keindahan Alam Yunani Dalam Marmer Bianco Sivec

Check Also

daerah penghasil marmer

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah, Batu marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari …