Marmer Statuario Jenis Marmer Paling Berkelas Di Dunia

Marmer Statuario Jenis Marmer Paling Berkelas Di Dunia

Mengenal Marmer Statuario

Marmer Statuario merupakan salah satu jenis marmer paling berkelas dan diinginkan yang ditambang dari gunung-gunung di Carrara, Italia. Di antara kemewahan variasi marmer yang ada, Statuario dikenal karena kesucian warna putihnya dan pembuluh-pembuluh dramatis yang memberikan kesan mewah serta elegan.

 

Marmer ini kerap digunakan untuk proyek-proyek arsitektur dan patung berkualitas tinggi sejak zaman kuno. Sejarahnya yang kaya telah menyaksikan material ini diukir menjadi karya seni oleh para maestro seperti Michelangelo—pikirkan saja patung David atau Pieta yang ikonik. Ini mengindikasikan status Marmer Statuario sebagai pilihan pilihan para ahli.

 

Secara estetika, Statuario mudah dikenali dari latar belakang putihnya yang bersih, yang hanya sedikit ada variasinya, dan corak vena abu-abu atau biru muda yang bercahaya. Corak vena yang berani namun terkontrol ini memberikan karakter yang dapat langsung meningkatkan keanggunan setiap ruang.

 

Marmer jenis ini adalah simbol kemewahan yang tak lekang oleh waktu. Karena kedurangan dan keindahannya, Statuario memiliki harga yang biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis marmer lainnya. Keunikan visual dan nilai historisnya menjadikan Statuario sebagai material yang sangat dihargai dalam desain interior, terutama untuk counter dapur, lantai, dinding, dan elemen dekoratif lainnya.

 

Dari segi perawatan, marmer Statuario membutuhkan perhatian lebih karena porositasnya yang bisa menyerap noda dan cairan. Perlindungan dengan segel khusus serta perawatan berkelanjutan adalah kunci untuk menjaga keindahan alaminya.

 

Mempunyai marmer Statuario di dalam sebuah ruangan tidak hanya tentang memiliki sepotong batu alam – ini lebih pada membawa sejarah, seni, dan kemewahan alam yang tak lekang oleh waktu ke dalam kehidupan modern.

 

 

Kelebihan Marmer Statuario

Marmer Statuario adalah salah satu jenis batu marmer paling mewah dan dihargai yang berasal dari daerah Carrara di Italia. Jenama Statuario dikenal dengan putihnya yang bersih, semulajadi, dan urat-urat abu-abu atau biru-halus yang melalui permukaannya. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari Marmer Statuario:

 

  1. **Keindahan Alami**: Statuario memiliki keindahan alami yang unik dengan urat-uratnya yang elegan, memberikan nuansa mewah dan eksklusif.

 

  1. **Kekuatan dan Ketahanan**: Walaupun marmer pada umumnya dianggap tidak sekuat granit, Marmer Statuario tetap kuat dan tahan lama, menjadikannya pilihan yang baik untuk berbagai aplikasi di dalam rumah.

 

  1. **Ketahanan terhadap Panas**: Marmer ini tahan terhadap panas, menjadikannya pilihan ideal untuk dapur dan area yang sering terpapar panas.

 

  1. **Nilai Tambah untuk Properti**: Pemasangan Marmer Statuario seringkali meningkatkan nilai estetika dan finansial dari properti.

 

  1. **Unik**: Karena setiap potongan marmer adalah unik, pemiliknya akan memiliki bagian dari alam yang tidak dapat disalin dengan sempurna.

 

  1. **Sejuk**: Marmer mempunyai sifat yang sejuk secara alami, sehingga ideal untuk iklim yang lebih hangat atau untuk ruangan yang ingin dipertahankan dinginnya.

 

Namun, perawatan Marmer Statuario memerlukan perhatian khusus karena sifatnya yang poros yang dapat menyerap cairan dan menyebabkan noda. Perlindungan dan perawatan yang tepat akan memastikan kecantikan marmer ini bertahan lama.

 

Warna Marmer Staturio

 

Marmer Statuario terkenal dengan latar belakang warna putih yang sangat cerah dan bersih. Ciri khas utamanya adalah urat halus yang berwarna abu-abu atau kadang-kadang sedikit kebiruan yang membentang melaluinya. Urat-urat ini bisa menjadi halus dan tersebar atau dapat juga membentuk pola yang lebih dramatis, yang menambah kedalaman dan dimensi pada batu. Kontras antara dasar putih yang bersinar dan urat-urat abu-abu membuat Marmer Statuario sangat dihargai untuk kualitas estetiknya dan sering digunakan dalam proyek-proyek desain interior sebagai pernyataan kemewahan.

 

Perawatan Marmer Staturio

Marmer Statuario, seperti marmer lainnya, membutuhkan perawatan yang hati-hati untuk menjaga keindahannya. Berikut adalah beberapa langkah untuk merawat marmer Statuario:

 

  1. **Pembersihan Harian:**

– Gunakan lap lembut dan air untuk membersihkan debu dan kotoran sehari-hari.

– Jika membutuhkan sabun, gunakan pembersih yang pH-neutrat agar tidak merusak permukaan marmer.

 

  1. **Hindari Zat Asam:**

– Zat asam seperti air lemon atau cuka bisa merusak marmer, jadi hindari produk pembersih yang mengandung zat asam.

– Juga waspadai tumpahan dari minuman asam, seperti jus buah atau wine, dan bersihkan segera jika terjadi tumpahan.

 

  1. **Penggunaan Alas:**

– Letakkan alas pada barang-barang berat atau benda tajam yang diletakkan di atas permukaan marmer untuk menghindari goresan atau kerusakan.

 

  1. **Penggunaan Pelindung:**

– Gunakan pelindung permukaan marmer atau sealer untuk membantu melindungi dari noda. Penyegelan perlu diulang dari waktu ke waktu, sesuai anjuran produsen atau spesialis marmer profesional.

 

  1. **Penanganan Noda:**

– Bersihkan tumpahan secepat mungkin, terutama untuk bahan yang dapat menodai seperti minuman berwarna, minyak, atau saus.

– Gunakan pasta baking soda dengan air untuk mengatasi noda ringan, dan biarkan terlalu beberapa jam atau semalaman sebelum membersihkannya.

 

  1. **Poles Berkala:**

– Untuk marmer yang sering digunakan atau lantai, pertimbangkan untuk memoles ulang setiap beberapa tahun untuk mengembalikan kilauannya.

 

  1. **Profesional Cleaning:**

– Untuk noda yang sulit atau perawatan rutin yang mendalam, mungkin perlu memanggil profesional yang memiliki perlengkapan dan pengetahuan yang proper untuk merawat marmer.

 

Selalu uji metode pembersihan di area kecil yang tidak mencolok terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi yang merusak. Merawat marmer Statuario dengan tepat akan membantu menjaga keindahan dan keutuhan batu tersebut untuk waktu yang lama.

 

Pemasangan Marmer Statuario

 

Pemasangan marmer Statuario merupakan proses yang cermat. Marmer Statuario adalah jenis marmer Italia berkualitas tinggi dan karena itu memerlukan manipulasi dan pemasangan dengan hati-hati. Berikut adalah panduan dasar yang terdiri dari beberapa langkah penting untuk pemasangan marmer ini:

 

### Persiapan

  1. **Ukuran dan Pemotongan:**

– Lakukan pengukuran area yang tepat di mana marmer akan dipasang.

– Tentukan jumlah marmer yang dibutuhkan, termasuk sisipan untuk pemotongan dan kecocokan pola.

– Potong marmer sesuai dengan ukuran yang diperlukan, menggunakan pemotong yang tepat untuk membantu menghindari kerusakan.

 

### Proses Pemasangan

  1. **Pembersihan dan Persiapan Permukaan:**

– Bersihkan permukaan tempat marmer akan diletakkan dengan teliti.

– Pastikan permukaan rata dan bebas dari debu atau kotoran.

 

  1. **Perekat:**

– Gunakan perekat berkualitas tinggi khusus untuk marmer atau batu alam.

– Aplikasikan perekat dengan merata pada permukaan atau pada bagian belakang marmer.

 

  1. **Penempatan dan Pemasangan:**

– Letakkan piringan marmer dengan hati-hati pada permukaan yang telah diberi perekat.

– Pastikan untuk menyelaraskan tepat agar sambungan terlihat serasi dan alami.

– Jika perlu, gunakan alat penekan untuk memastikan marmer melekat dengan kukuh pada permukaan.

 

### Finishing

  1. **Isian Nat:**

– Setelah perekat cukup kering, gunakan isian nat yang sesuai untuk mengisi sela antar ubin marmer.

– Pilih warna nat yang komplementer atau sesuai dengan marmer Statuario agar penampilan lebih estetis.

 

  1. **Polesan dan Perlindungan:**

– Giling dan poles permukaan marmer jika dibutuhkan, untuk menghasilkan kilau yang diinginkan.

– Aplikasikan sealant khusus marmer untuk melindungi permukaan dari noda dan keausan.

 

### Perawatan

  1. **Pembersihan Rutin:**

– Bersihkan marmer dengan kain lembut dan pembersih pH netral.

– Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak permukaan marmer.

 

  1. **Perlindungan Rutin:**

– Gunakan alas kaki, alas panas, atau penghalang lain untuk melindungi marmer dari goresan dan kerusakan.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan mengambil langkah hati-hati selama proses pemasangan, marmer Statuario Anda akan terlihat indah dan tahan lama. Kolaborasi dengan profesional yang berpengalaman sangat dianjurkan, karena mereka memiliki keahlian dalam memotong dan memasang marmer dengan tepat.

Harga Marmer Statuario

 

Harga marmer Statuario dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti kualitas, asal, ketebalan, serta ukuran lembaran atau ubinnya. Di pasaran, marmer Statuario yang asli dari Italia dikenal sebagai salah satu tipe marmer yang paling mahal, terutama karena pola veining yang elegan dan warna latar belakangnya yang seringkali putih bersih.

 

Secara umum, harga untuk marmer Statuario berkualitas tinggi bisa berkisar dari ratusan hingga ribuan dolar per meter persegi. Untuk mendapatkan estimasi harga yang lebih tepat, sebaiknya Anda menghubungi supplier atau toko batu alam lokal yang dapat menyediakan informasi terkini mengenai inventori dan harga mereka.

 

Penting juga untuk mempertimbangkan biaya tambahan untuk instalasi oleh profesional, yang sering kali tidak termasuk dalam harga per meter persegi dari marmer itu sendiri. Memilih tenaga profesional yang berpengalaman sangat disarankan untuk memastikan marmer dipasang dengan benar dan menampilkan keindahan alami yang maksimal.

 

Jual Marmer Statuario

 

Namun, untuk membeli marmer Statuario, Anda bisa mencari melalui beberapa cara berikut:

 

  1. **Toko Lokal**: Kunjungi toko batu atau pemasok marmer lokal di daerah Anda. Mereka mungkin memiliki atau bisa memesankan marbel Statuario untuk Anda.

 

  1. **Distributor Batu Alam**: Cari distributor batu alam skala besar atau importir yang mungkin memiliki akses langsung ke pasokan marmer Statuario.

 

  1. **Pameran Batu**: Pameran batu alam adalah tempat yang bagus untuk menemukan berbagai jenis marmer, termasuk Statuario, dan untuk bertemu langsung dengan pemasok atau produsen.

 

  1. **Online**: Terdapat banyak situs online dan platform marketplace di mana Anda bisa mencari penjual yang menawarkan marmer Statuario. Pastikan untuk membaca ulasan dan memverifikasi kredibilitas penjual sebelum melakukan pembelian.

 

  1. **Pembuat atau Kontraktor Countertop**: Beberapa pembuat countertop memiliki akses ke berbagai jenis batu dan bisa membantu Anda mendapat marmer Statuario.

 

Ingatlah untuk mencari tahu asal usul marmer dan meminta sampel sebelum melakukan pembelian. Anda juga perlu memastikan bahwa marmer yang Anda pesan memenuhi standar dan spesifikasi yang Anda butuhkan, baik dalam hal ukuran, ketebalan, dan kualitasnya.

Baca Juga:

Keindahan Marmer Carrara

Check Also

daerah penghasil marmer

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah

Daerah Penghasil Batu Marmer Di Indonesia Adalah, Batu marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari …