Mengenal Lantai Marmer dan Granit Alam

Design rumah modern dan minimalis yang saat ini sedang menjadi tren tak luput dari konsep lantai modern, yang dimaksud adalah konsep lantai untuk memperbaiki gaya desain rumah anda. Lantai modern adalah langkah tepat untuk mereflesikan desain rumah yang diinginkan. Begitu banyak alternatif pilihan material lantai yang ada dipasaran seperti lantai kayu, keramik, ubin dengan variasi harga, pola dan kualitas. Tetapi esensinya adalah sama yaitu memberikan kenyamanan dan memberi nilai lebih untuk pemilik rumah.

Lantai marmer atau granit yang berkualitas tinggi yang mewakili unsur keindahan alam dapat menonjolkan sisi keindahan rumah anda. Dengan pemilihan teksture dan warna yang tepat sesuai dengan fungsi ruangan dan desain yang anda inginkan.

Sangat beruntung Indonesia memiliki iklim tropis sehingga kita dengan mudah dapat mengekspresikan desain rumah dengan pemilihan lantai marmer dan granit, karena material alam tersebut memiliki sifat menyerap panas dan memberi efek yang sejuk dan nyaman bagi penghuni.

Ada baiknya anda mengenal produk alam seperti marmer, granit, travertine dan onyx. Material alam tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Dibawah ini adalah gambaran umum mengenal material tersebut.

Marmer

Pasti anda sangat mengenalnya, masyarakat umum mengenalnya sebagai batu pualam, bersumber dari alam, penggunaan sangat luas, bisa diaplikasikan untuk lantai dan dinding interior maupun eksterior. Pilihan warna dan motif juga sangat unik dan beragam. Dipasaran marmer tersedia dari pemasok lokal seperti marmer Ujungpandang atau dari pemasok yang mendatangkannya dari berbagai negara. Dari type permukaan marmer secara umum masyarakat mengenal marmer dengan jenis permukaan poles kilap, permukaan natural seperti leather finish dan acid washed.

Granit

Bersumber dari alam, granit memiliki sifat lebih keras dan tahan goresan dan memiliki daya kilap lebih lama dibanding dengan material alam lainnya seperti marmer, sehingga aplikasi sangat baik untuk lantai dan dinding eksterior, area dengan lalu lintas pejalan yang ramai, sedangkan untuk area interior biasa diaplikasikan di area kamar mandi, meja dan dapur. Granit alam memiliki warna dan motif yang terbatas dibanding dengan marmer. Pemasok granit alam juga masih sangat terbatas karena granit alam masih didatangkan dari luar, sehingga harganya relatif mahal. Ada beberapa jenis finishing permukaan granit, seperti poles kilap, sandblasting dan flamming

Travertine

Material alam ini sangat unik, permukaannya berlubang – lubang. Ada dua pilihan finishing permukaan, natural dan filled. Natural artinya permukaan dipoles dan lubang – lubang dibiarkan terbuka, sangat baik diaplikasikan di area eksterior. Sedangkan filled artinya permukaan yang berlubang diisi dengan polimer seperti epoxy atau resin warna transparan atau variasi warna, type ini biasanya untuk aplikasi di area interior. Travertine masih diimpor dari negara – negara seperti Italy, Spanyol dan Iran.

Onyx

Sifat material ini dapat ditembus cahaya yang cukup kuat seperti lampu. Jadi untuk menyempurnakan keindahannya, pada aplikasinya batu onyx selalu dikombinasikan dengan background cahaya.

Memilih material lantai bisa menjadi investasi yang sangat berharga kedepannya. Anda akan melihat bagaimana lantai dan dinding bisa mengubah penampilan rumah impian menjadi kebanggaan dan nyaman untuk dihuni.

Sumber : Kompasiana

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>